Jumat, 05 April 2013

Sejarah Asal Pengobatan Bekam di Wilayah Timur

Pelajaran Bekam - Sejarah Asal dan Perkembangan pengobatan bekam di wilayah Timur ( China, korea dan Jepang ) merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya mengenai sejarah bekam di wilyah barat dan Timur Tengah. Pengobatan bekam mulai diperkenalkan dan dikembangkan di wilayah Timur sekitar tahun 2500 SM pada zamannya Kaisar Yao seiring dengan munculnya teknik pengobatan Timur lainnya semisal akupuntur, moksa dan pijat serta herbal. Namun dari catatan Eber Papyrus, sekitar tahun 2500 SM adalah masa awal pengobatan bekam yang berkembang di Mesir Kuno bukan di China / Timur. Namun pada penelitian yang lain orang harus percaya bahwa yang pertam kali melakukan bekam adalah Wilayah Timur karena telah ditemukan tanduk sapi bekam di wilayah China Utara, Jepang dan semenanjung Korea. Lalu, bagaimana sikap kita dengan pertanyaan siapa yang pertama kali mengembangkan bekam antara China dan Mesir? Maka jawabanya tidak perlu kita risaukan sebab yang jelas pengobatan bekam di China / Timur dan Barat sudah berkembang ribuan tahun yang silam. 
Bekam Tradisional China
Bekam Tradisional Wilayah Timur

Metode pengobatan bekam di China pertama kali menggunakan tanduk sapi sehingga bekam disebut  pengobatan teknik tanduk. Sedangkan untuk melakukan tekanan negatif supaya kulit bisa ditarik (hisap), tanduk tersebut ada yang direbus atau dipanasi api. Kemudian pada masa Dinasti Qing, alat bekam dikembangkan dengan menggunakan cangkir bambu dan tembikar keramik. Sedangkan untuk membuat tekanan negatif pada bambu yaitu dengan cara terlebih dahulu bambu tersebut direbus. Selain itu pada masa dinasti Qing dikembangkan pula metode bekam basah dan metode  integrasi bekam dengan akupuntur, yakni dimana titik yang diberi akupuntur maka ditempat titik itu pula dilakukan pengekopan. 

Sedangkan catatan awal tentang bekam China dapat ditemukan pada Bo Shu ( Sejenis catatan kuno yang ditulis pada sutera) yang ditemukan pada sebuah makam pada masa Dinasti Han. Kemudian ada catatan dari Ge Hong pada tahun 281 M dalam sebuah buku Panduan penanganan keadaan darurat. Beberapa abad kemudian Su Sen Liang Fang membuat buku yang menjelaskan tentang pengobatan yang efektif untuk batuk kronis dan  gigitan ular berbisa yaitu menggunakan terapi bekam.

Pengobatan Bekam di China mengalami puncaknya ketika pada tahun 1950 atas kerjasama penelitian antara Uni Soviet dan China yang kemudian menetapkan semua rumah sakit di seluruh wilayah China harus menerapkan metode pengobatan bekam dalam layanan rumah sakitnya.

Wallahu A'lam bisshowab.
Terima Kasih sudah membaca dan membagikan kepada yang lain materi-materi yang ada pada Website Referensi Bekam
Judul: Sejarah Asal Pengobatan Bekam di Wilayah Timur; Ditulis Oleh: Unknown; Rating: 5 dari 5

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar