Sabtu, 06 April 2013

Kumpulan Hadis Nabi Tentang Bekam

Pelajaran Bekam - Setelah membaca sejarah bekam yang berhubungan dengan Nabi Muhammad SAW lalu kita akan membaca Hadis-hadis yang berkaitan dengan pengobatan bekam. Mengapa Nabi Muhammad SAW sampai membahas tentang bekam? Salah satu alasannya memang karena di didalam pengobatan bekam mempunyai manfaat dan keunggulan besar untuk pengobatan penyakit. Selain itu Nabi Muhammad meskipun bukan terapis bekam tetapi Nabi Muhammad hendak mengajarkan cara melakukan pengobatan bekam yang baik menurut petunjuk syariat bukan seperti pengobatan bekam yang mengandung unsur mistis seperti yang dilakukan oleh orang-orang kuno yang tidak beragama.
Hadis Nabi Muhammad tentang Bekam

Hadis Keistimewaan Bekam


  1. Dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas RA, Rosulullah bersabda: " Kesembuhan-kesembuhan itu pada tiga hal: Minum madu, pembekaman, dan kay dan sesungguhnya saya melarang umatku untuk melakukan kay". HR. Bukhori
  2. Dari Kastir bin Salim, ia berkata bahwa Anas bin Malik berkata Rosulullah bersabda: " Saya tidak melewati di hadapan para Malaikat kecuali mereka berkata: Wahai Muhammad SAW perintahkan umatmu dengan berbekam!". HR. Ibnu Majah dan didalam riwayat yang lain " Wahai Muhammad, hendaklah kamu berbekam!".
  3. Dari Anas RA bahwa Rosulullah bersabda: " Sesungguhnya jika ada sesuatu yang bisa menyembuhkan maka itu adalah bekam dan qustul bahri" HR. Muslim
  4. Diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim bahwa Rosulullah bersabda:" Hendaklah kalian berbekam pada tengah qomahduwah karena dapat menyembuhkan 72 penyakit"
  5. Dalam Shoheh Buhori Muslim dari Anas bahwa Rosulullah dibekam tiga kali; sekali pada kahil dan dua kali pada akhdaiin. 
  6. Dalam sebuah hadis marfu Rosulullah bersabda: " Hendaklah kalian melakukan bekam pada qomahduwah sebab itu akan menyembuhkan lima macam penyakit".

Materi selanjutnya mengenai Hadis Nabi yang berkaitan dengan waktu yang baik untuk dilakukan bekam, hadis Nabi yang berkaitan dengan titik/lokasi pada Tubuh yang baik untuk dilakukan bekam dan Hadis Nabi yang bersifat kontroversial atau hadis Nabi yang perlu kajian lebih mendalam tentang apakah itu benar-benar hadis Nabi (bukan hadis Isroiliyyat)  atau memang betul itu hadis Nabi  akan tetapi sudah dimansukh oleh hadis yang lainnya.

Waallahu a'lam bisshowab.
Terima Kasih sudah membaca dan membagikan kepada yang lain materi-materi yang ada pada Website Referensi Bekam
Judul: Kumpulan Hadis Nabi Tentang Bekam; Ditulis Oleh: Unknown; Rating: 5 dari 5

Related Post

2 komentar:

  1. Tulisan yang sangat informatif gan.. Terima kasih. Ditunggu kunjungan baliknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah memberikan komentar mengenai kumpulan hadist Nabi yang berhbungan dengan pengobatan bekam.

      Hapus