Selasa, 09 April 2013

Macam-macam Pembagian Jenis Bekam

Pelajaran Bekam - Jenis-jenis bekam dibeberapa literatur mempunyai versi yang berbeda-beda. Namun secara umum jika dilihat dari segi awal dilakukannya bekam sebagaimana pada sejarah bekam menurut versi barat dan versi Timur, Pengobatan bekam dibagi menjadi 2 (dua) jenis.

Jenis-Jenis Bekam

Jenis Pengobatan bekam secara global/ umum

1. Pengobatan Bekam Basah/ Wet Cupping/ Hijamah Rutbah

Pengobatan bekam basah identik dengan pengobatan yang dilakukan oleh wilayah Timur Tengah atau Arab. Namun dengan perkembangan zaman, jenis pengobatan bekam basah yang menekankan pengeluaran darah ini tidak mesti dilakukan oleh orang Arab sebab sekarang banyak juga orang Timur tengah yang melakukan bekam kering begitu juga sebaliknya banyak juga wilayah Timur yang menggunakan bekam basah tergantung dari kasus dan tujuan dilakukan bekam.

2. Pengobatan Bekam Kering/ Dry Cupping/ Hijamah Jafah 

Pengobatan bekam ini hanya melakukan bekam atau pengekopan tanpa dilakukan pengeluaran darah. Jenis bekam kering biasanya identik dengan bekam yang dilakukan oleh kalangan Wilayah Timur/ Tiongkok yang sekarang juga berkembang di sebagian besar Eropa dan Amerika. Dari jenis bekam kering ini kemudian berkembang beberapa modifikasi jenis bekam menjadi beberapa jenis bekam. Insya Alloh akan disebutkan dibawah.

Di sisi lain menurut literatur Arab, Jenis Pengobatan bekam dibagi menjadi beberapa jenis bekam dimana sudut pandang yang dipakai dari penafsiran hadis Nabi yang menjelaskan beberapa metode pengobatan yang lain yang dikemudian oleh para pakar bekam dikategorikan kedalam jenis bekam. 

Jenis bekam menurut literatur arab:

1. Alfashdu/ Venisection

Alfashdu adalah jenis bekam yang proses pengeluarannya melakukan perusakan/ penusukan/ sayatan melalui pembuluh darah vena. Sehingga biasanaya terapi bekam jenis ini menghasilkan darah yang mengalir deras tidak seperti darah yang dikeluarkan melalui jaringan kulit. Pengobatan bekam fashdu ini biasanya mengambil darah pada bagian pembuluh darah yang ada di kaki, kepala atau tangan.

2. Hijamatul Jafah/ Dry Cupping/ Kasatul Hawa/ Air Cupping

Hijamatul Jafah adalah jenis bekam yang dilakukan dengan cara hanya mengumpulkan darah pada sisi permukaan kulit tanpa dilakukan pembuangan.

3. Hijamatul Rutbah/ Wet Cupping

Hijamatul Rutbah adalah jenis bekam yang dilakukan untuk mengeluarkan darah yang ada di tepi kulit dengan alat bekam yang tajam seperti pisau, silet, kayu lancip, jarum dan sebagainya.

4. Hijamatul bidudil alaqoh/ Blood Sucking Leech

Hijamatul bidudil alaqoh adalah metode pembekaman yang dilakukan dengan tujuan mengeluarkan darah dari permukaan kulit dengan menggunakan hewan penyedot/penghisap darah seperti lintah, ulat dan sebagainya.

Sedangkan jenis pengembangan/ inovasi dari bekam kering/ wet cupping sekarang banyak sekali dan jenis bekam ini sangat ramai sekali di dunia luar seperti Eropa dan Amerika tidak seperti Indonesia yang lebih senang menggunakan bekam basah. Ada beberapa jenis saja yang bisa saya sebutkan disini.

Jenis Bekam Inovasi dari Bekam Kering


  1. Acupuntur Cupping (Titik yang dibekam sekaligus ditusuk jarum akupuntur)
  2. Aquatic Cupping/ Water Cupping (Bekam sambil berendam di air)
  3. Magnet Cupping (Bekam dengan tambahan magnet yang ditmepel di kop)
  4. Flash Cupping (Metode pembekaman dengan pemasangan dan pencabutan cepat)
  5. Herbal Cupping (Bekam yang diberikan herbal pada daerah yang dibekam)
  6. Massage Cupping (Bekam sekaligus pemijatan )
  7. Light Cupping (Bekam yang dikombinasikan dengan Lampu terapi )
  8. Fire Cupping (Metode bekam dengan menggunakan api
  9. Electric Cuppping ( Bekam yang diberikan tambahan energi listrik pada Kopnya ) 
  10. Dan sebagainya.

Catatan Penting: Ketika akan melakukan inovasi bekam kita harus tahu betuk konsep dasar ilmu pengobatan apa yang dipakai, tujuan dilakukannya kombinasi dan cara melakukan kombinasi untuk bekam.

Waallahu a'lam bisshowaab.. 
Terima Kasih sudah membaca dan membagikan kepada yang lain materi-materi yang ada pada Website Referensi Bekam
Judul: Macam-macam Pembagian Jenis Bekam; Ditulis Oleh: Unknown; Rating: 5 dari 5

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar