Senin, 01 April 2013

Istilah dan Definisi Bekam

Pelajaran Bekam - Bekam adalah sebuah terapi pengobatan yang sudah ada sejak zaman kuno dan terapi ini sudah berkembang ke seluruh dunia. Sehingga bekam mempunyai banyak istilah di beberapa belahan dunia. Namun istilah bekam yang dimaksud bukan bekam dalam kosakata bahasa Jerman yang mempunyai arti mempunyai dsb tetapi istilah bekam yang dimaksud adalah bekam didalam dunia pengobatan alami. 


Istilah atau sebutan bekam:

- Baguan, baguar, bentusa dan mambakan (Melayu)
- Badhakesh dan Pa Hou Kuan  (Swahili)
- Banki / bahnkes (Magyar)
- Kavaa dan Singhi (Suomi)
- Cupping, Fire Bottle, buhang, kyukaku, hijama, dan mihceme (Inggris)
- Hijamah  (Arab)
- Canduk, cantuk/ Canthuk dan kop ( Jawa / Indonesia)

Sedangkan bekam menurut bahasa, Bekam adalah pekerjaan menangkupkan atau mengekop.  Jadi sangat keliru jika didalam wikipedia indonesia dikatakan bahwa bekam secara bahasa adalah mengeluarkan darah.
Bekam

Definisi Bekam

Adapun definisi bekam secara istilah banyak sekali beberapa orang/ pakar pengobatan bekam atau bangsa-bangsa di dunia yang memberikan definisi yang berbeda-beda meskipun intinya tetap sama. 

Berikut beberapa definisi bekam:
Definisi Bekam Menurut salah satu Versi Arab
"Bekam adalah mengeluarkan darah dari kulit dengan cara penghisapan yang dilanjut dengan penyayatan ringan pada kulit luar lalu dilakukan pengekopan/ penghisapan lagi sehingga darah keluar dan dapat menghasilkan kesembuhan penyakit dengan ijin Allah Taala"

Definisi Bekam versi China atau Pengobatan Timur / Western Medicine
"Bekam merupakan bentuk terapi pengobatan alternatif China Kuno yang mana praktek terapi tersebut dengan cara melakukan penghisapan lokal pada daerah kulit dengan menggunakan panas api atau alat mekanis dalam rangka menggerakan aliran darah sehingga tujuan penyembuhan dapat dicapai"

Definisi Bekam menurut salah satu versi Barat
"Bekam adalah suatu metode pengobatan dengan menggunakan tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada kulit agar terjadi bendungan lokal. Hal ini disebabkan oleh tekanan negatif didalam tabung yang sebelumnya benda-benda dibakar dan dimasukan kedalam tabung agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah tersebut dikeluarkan dari kulit dengan dihisap yang mana tujuan dari semua itu adalah meningkatkan sirkulasi energi / Chi /Qi dan darah / Xie, menimbulkan efek analgesik, mengurangi pembengkakan dan mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab (red: bekam api)" 

Bagaimana istilah dan definisi bekam menurut Saudara?

Setelah memahami istilah dan definisi bekam maka kita harus tahu juga bagaimana sejarah lengkap tentang pengobatan bekam. Sejarah bekam ini merupakan salah satu bagian dari latar belakang, kenapa pengobatan terapi bekam mempunyai sebutan berbeda-beda.

Setelah itu ikuti terus artikel-artikel lainya yang membahas secara terperinci mengenai Manfaat Bekam, Alat Bekam, Cara Bekam, Hadist Bekam, Klinik Bekam, Pelatihan Bekam, Titik Bekam,  Penelitian Bekam, Bahan Bekam, Terapis Bekam, Usaha Bekam, Hukum Bekam, Waktu Bekam, Larangan Bekam, Teknik Bekam, Jenis Bekam, Pasien Bekam, Sterilisasi Bekam, Legalitas Bekam

Wallahu a'lamu bisshowab
Terima Kasih sudah membaca dan membagikan kepada yang lain materi-materi yang ada pada Website Referensi Bekam
Judul: Istilah dan Definisi Bekam; Ditulis Oleh: Unknown; Rating: 5 dari 5

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar